Berita Terbaru
  1. 3 Booyah, AURA Ignite Memanas di Final Day 1 FFML Season V Divisi 1!
  2. Wajib Tahu, Ini Lokasi Berlangsungnya Play-ins & Grand Final FFIM 2022 Fall!
  3. BTR Faiz Lebih Pastikan Beri Kejutan di Play-Ins FFIM 2022 Fall!
  4. Inilah Mengapa Kamu Harus Ikut FFSG 2022 Fall!
  5. Dibuka Hari Ini, Segera Daftarkan Dirimu di Free Fire Scouting Ground 2022 Fall!
  6. GLX Rendy Percaya Diri Bawa Galaxio Corvus di Play-Ins FFIM 2022 Fall

Free Fire League Division Qualifier Season V

Melanjutkan jalannya liga FFML Season V, akan diselenggarakan League Divison Qualifier guna menentukan tim manakah yang akan mempertahankan slotnya untuk bermain di Divisi 1 dan tim manakah yang akan terdegradasi ke Divisi 2.

Tampil dengan format baru, kali ini FFML Season V turut menghadirkan Divisi 2 League Division Qualifier dimana tim komunitas berkesempatan memperebutkan slot untuk berlaga di Free Fire Master League Season V Divisi 2.

Kedua rangkaian FFML Season V League Division Qualifier akan dilaksanakan tanggal 11 hingga 12 Desember 2021.

Baca informasi seputar turnamen-turnamen  dari Garena Free Fire lainnya di instagram resmi FF Esports ID. Tonton juga siaran langsung dan video-video seputar Free Fire Esports di kanal YouTube FF Esports ID dan Facebook FF Esports ID.

#FreeFire
#FFML
#ReadyTheMasters
#GarenaEsports4ID

Jadwal Pertandingan

11 Desember 2021
Sabtu
Match Day – Divisi 2 COMING SOON
12 Desember 2021
Minggu
Match Day – Divisi  1 COMING SOON

Peraturan Pertandingan

1.1 Umum

Rulebook ini merupakan panduan resmi yang dibuat oleh Official Garena untuk mengatur turnamen FFML Season V League Division Qualifiers dengan aturan-aturan, jalannya turnamen, dan larangan yang harus dipenuhi oleh tim dan pemain. Rulebook ini dibuat untuk memperkuat dan membentuk suasana permainan yang kompetitif dan menjunjung tinggi nilai sportivitas.

1.2 Perubahan Aturan

Official Garena berhak untuk menghapus, atau mengubah aturan yang diuraikan dalam rulebook ini dengan alasan apapun. Garena juga berhak untuk memberikan penilaian dalam kasus-kasus yang tidak didukung secara khusus, atau lebih rinci di dalam rulebook ini, untuk menjaga permainan yang adil dan sportif. Setiap perubahan dalam rulebook ini akan dicantumkan dan dikomunikasikan kepada seluruh lapisan yang terlibat dalam Free Fire Master League baik secara langsung ataupun melalui media resmi Official Garena.

1.3 Validitas & Kerahasiaan Aturan

Jika ada ketentuan dalam rulebook yang tidak sah atau tidak dapat dilaksanakan secara sebagian atau menyeluruh, tidak akan mempengaruhi tingkat validitas yang tersisa dalam rulebook ini. Sebagai pengganti ketentuan yang tidak valid tersebut, ketentuan yang paling mendekati akan menjadi keputusan yang berlaku sesuai dengan ketentuan makna dan tujuan dari rulebook ini.

Isi penyampaian pendapat, hasil diskusi dan korespondensi lainnya bersifat sangat rahasia. Publikasi hanya boleh dilakukan atas persetujuan dari Official Garena. Jika terdapat pelanggaran dalam hal ini, Official Garena berhak memberikan sanksi berupa peringatan, sampai denda kepada pihak yang tidak bertanggung jawab.

1.4 Publikasi Pertandingan

Hak

Semua hak siar Free Fire Master League (FFML) dimiliki oleh Garena. Termasuk dan tidak terbatas pada; streaming video, siaran TV, stream shoutcast, demo atau live score bots.

Kewajiban

Media utama yang digunakan untuk berkomunikasi pada turnamen FFML adalah Whatsapp. Official Garena akan menggunakan media komunikasi tersebut untuk seluruh tim dan seluruh jajaran yang terlibat. Maka dari itu, Whatsapp harus diperiksa secara berkala sehingga tidak ada pengumuman penting yang terlewatkan.

  • FFML Season V League Division Qualifiers diselenggarakan secara Online-Offline dimana pemain terdaftar yang dapat berpartisipasi.
  • Semua tim diharuskan membaca peraturan dan regulasi turnamen. Partisipasi dalam turnamen menandakan bahwa tim setuju untuk mematuhi semua peraturan dan ketentuan.
  • Setiap tim yang melanggar peraturan akan didiskualifikasi dari turnamen.
  • Seluruh match yang berlangsung akan di pantau oleh Official Garena.
  • Penggunaan program ilegal dalam bentuk apapun akan dikenakan hukuman ban permanen baik itu ID, Device dan hak keikutsertaan turnamen Free Fire ID (Blacklist)
  • Dengan mengikuti turnamen apa pun yang diselenggarakan oleh Garena, semua tim dan peserta akan mengizinkan Garena menggunakan gambar mereka (logo tim, foto peserta, video wawancara, dll.) Dalam materi promosi.
  • Facebook, Instagram, dan YouTube FF Esports ID akan menjadi sosial media dan saluran siaran resmi untuk pembaruan informasi turnamen

3.1 Umum

Semua keputusan mengenai penafsiran aturan berikut secara eksklusif diatur oleh Garena, keputusan bersifat mutlak. Semua peserta turnamen FFML Season V League Division Qualifiers diwajibkan untuk mematuhi kode etik berikut. Jika peserta turnamen gagal untuk mematuhi kode etik dapat mengakibatkan peringatan, denda, diskualifikasi, atau penangguhan dari Turnamen Free Fire di masa depan, seluruh keputusan diatur oleh Garena dan / atau pejabatnya.

3.2 Kewajiban Pemain

Pemain harus mematuhi aturan berikut dengan kelayakan yang sudah ditentukan oleh Official Garena agar memenuhi syarat dalam pertandingan atau turnamen yang diselenggarakan oleh terkait:

Kewarganegaraan

Seluruh Peserta FFML League Division Qualifiers harus berdomisili di Indonesia.

Akun Pemain

Peserta harus menggunakan akun pribadi yang terdaftar untuk dapat berkompetisi di Free Fire Master League (FFML) SEASON V DIVISION QUALIFIERS. Setiap peserta hanya diperbolehkan mendaftarkan 1 akun Free Fire, akun tersebut merupakan akun yang sudah terdaftar pada FFML Season IV. Peserta akan menggunakan akun terdaftarnya selama sisa turnamen, dan tidak akan diizinkan untuk beralih ke akun pemain lain dalam keadaan apapun.

Nickname Pemain

Nama pemain dalam ingame harus mendapatkan persetujuan dari Official Garena dan Garena berhak untuk menolak penggunaan nickname tersebut dan meminta perubahan untuk alasan apapun dengan memastikan bahwa nickname pemain tidak menggunakan samaran sebagai berikut:

  • Nickname tidak boleh menyertakan nama sponsor
  • Nickname tidak boleh mendeskripsikan nama atau produk apapun
  • Nickname tidak boleh mengandung kata-kata yang kasar dan kotor (SARA)
  • Nickname harus memenuhi kode etik

3.2.1 Perubahan Nama Pemain

Setelah melakukan pendaftaran dan berhasil, pemain tidak dapat mengubah nama akunnya sepanjang turnamen/pertandingan berlangsung.

3.2.2 Sportivitas dan Perilaku yang Tepat

Peserta harus berperilaku baik dengan perwakilan Garena, pers, pemirsa, mitra, dan pemain lainnya. Peserta tidak boleh menggunakan bahasa yang cabul, buruk, vulgar, menghina, mengancam, kasar, memfitnah, memfitnah, atau menyinggung atau tidak menyenangkan, di dalam atau di dekat arena pertandingan. Ini termasuk, tetapi tidak terbatas pada, obrolan dalam game, media sosial, dan acara yang di hadapan publik seperti wawancara.

Peserta diharapkan bersikap kooperatif dengan Garena atau penyelenggara turnamen dalam penyelidikan atas pelanggaran aturan ini. Perilaku tidak terpuji kepada pejabat Garena, peserta lain, atau anggota (penonton lain) tidak akan ditoleransi.

3.2.3 Diskriminasi dan Pencemaran Nama Baik

Peserta atau tim tidak boleh menyinggung martabat atau integritas suatu negara, orang pribadi, atau sekelompok orang melalui tindakan yang merendahkan atau diskriminatif terhadap ras, etnis, asal kebangsaan, status sosial, jenis kelamin, bahasa, agama, pendapat politik, status keuangan, status kelahiran, orientasi seksual, atau alasan lainnya. Pelanggar etik ini dapat segera didiskualifikasi, memiliki setengah dari hadiah kemenangan mereka atau hangus, atau kedua hal di atas.

3.2 Kewajiban Tim

Seluruh tim wajib memberikan konsistensi, semangat sportifitas dan fairplay diseluruh musim. Tim harus mengikuti seluruh aturan yang sudah ditentukan dan dinyatakan resmi oleh Official Garena, antara lain:

Roster Lock

Setiap tim harus menentukan roster yang akan digunakan selama turnamen FFML berlangsung. Setiap tim harus menyerahkan lembar Pernyataan Susunan Pemain yang berisi 4 pemain dan 2 cadangan (substitusi). Seluruh nama yang didaftarkan akan dikunci dan pemain substitusi tidak boleh terdaftar di tim lain. Setiap perubahan akun dalam tim, harus disetujui oleh Official Garena sebelum perubahan itu terjadi.

Nama & Logo Tim

Semua tim yang bertanding di dalam turnamen yang diselenggarakan oleh Garena harus memiliki logo dan nama tim masing-masing. Garena berhak menolak nama tim & logo yang melanggar kode etik, diantaranya:

  • Menggunakan nama tim & logo yang vulgar (pornografi dan produk dewasa lainnya), menyinggung, diskriminatif dan mengandung SARA.
  • Menggunakan nama tim & logo yang melanggar hak cipta.

3.3 Publikasi dan Wawancara

Dengan mengikuti turnamen FFML, semua tim dan peserta akan mengizinkan Garena untuk menggunakan aset mereka (logo, foto peserta, video wawancara, dll) dalam materi promosi. Seluruh tim wajib untuk mempromosikan turnamen Free Fire Master League (FFML) milik Garena di masing-masing sosial media milik tim yang bertanding.

Dengan mengikuti turnamen FFML, pemain dari tim manapun harus bersedia untuk mengikuti wawancara pada Media Day jika diperlukan. Selain itu, pemain juga diwajibkan untuk bersedia diwawancarai oleh Official Garena sepanjang musim.

3.4 Penyelesaian Pertandingan Sepenuhnya

Setelah memulai partisipasi dalam FFML Season V League Division Qualifiers, Seluruh tim akan terus berpartisipasi dalam Kompetisi sampai pertandingan selesai. Seluruh tim tidak akan menolak untuk berpartisipasi dalam turnamen karena alasan apapun termasuk, tanpa batasan, ketidaksepakatan dengan keputusan oleh pejabat Garena, tuduhan integritas kompetitif turnamen, atau kondisi bermain yang tidak sempurna.

Pelanggar mungkin harus kehilangan seluruh uang kemenangan mereka dari acara Free Fire Esports, dilarang ikut serta dari acara Esports di masa depan, atau kedua hal di atas.

3.5 Integritas Kompetitif

Semua peserta diharapkan untuk bermain dengan sebaik mungkin setiap saat dalam setiap pertandingan Free Fire di turnamen apa pun yang dilakukan oleh Garena. Pelanggar yang melanggar aturan ini akan dikenakan sanksi atas kebijakan pejabat Garena. Contoh berikut adalah daftar pelanggaran yang menyeluruh:

  • Kolusi – Peserta yang bekerja sama dengan orang lain, termasuk peserta lain yang bersaing untuk menipu dan mendapatkan keuntungan yang tidak adil akan dinyatakan sebagai tindakan bersalah atas kolusi. Tindakan kolusi meliputi, tetapi tidak terbatas pada:
  • Soft play – Setiap perjanjian di antara peserta untuk tidak bermain pada standar kompetisi yang wajar atau diharapkan dalam permainan
  • Pengaturan sebelumnya untuk membagi uang hadiah dan bentuk kompensasi lainnya
  • Menerima informasi dan sinyal dari sumber luar selama pertandingan
  • Sengaja kehilangan kecocokan untuk kompensasi
  • Peretasan – Setiap modifikasi klien game Garena Free Fire, termasuk menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk memberikan keuntungan dalam game
  • Mengeksploitasi – Penyalahgunaan bug dalam game yang disengaja untuk mendapatkan keuntungan
  • Monitoring – Melihat monitor penonton atau ponsel peserta lain
  • Smurfing – Menggunakan akun pemutar atau peserta lain
  • Multi Akun – peserta terdaftar menggunakan akun multi free fire
  • Disconnect – Pemutusan hubungan yang disengaja tanpa persetujuan pejabat
  • Penipuan – Setiap upaya untuk menipu penyelenggara turnamen atau pemain lain dengan pernyataan / informasi / dokumen palsu.

4.1 Umum

Hanya pemain yang terdaftar pada Free Fire Master League (FFML) SEASON V League Division Qualifiers yang dapat mengikuti pertandingan. Semua pemain dan tim harus membaca dan mengikuti regulasi turnamen dan siap menjunjung tinggi semangat sportifitas dan fairplay. Penggunaan program ilegal dalam bentuk apapun akan dikenakan hukuman dengan bentuk yang ditentukan oleh Official Garena.

Turnamen terdiri dari 12 tim dengan rincian sebagai berikut

  • 3 Tim dari FFML Divisi 1 fase Play-off
  • 9 Tim dari FFML Divisi 2

Sedangka untuk LDQ Divisi 2, sebagai berikut:

  • #6 FFML Season IV Divisi 2 – Regular Season
  • #10-#12 FFML Season IV Divisi 2 – Play-Off
  • 6 tim baru

Berikut format pengaturan lobby turnamen:

  • Server               : Online Server Indonesia
  • Mode                : Battle Royal Squad
  • Coach/Crowd : Tidak diizinkan berada di lobby
  • MAP BEST OF 6
    • Bermuda > Kalahari > Purgatory > Bermuda > Kalahari > Purgatory
  • Pergantian Pemain :

Ketentuan pergantian pemain hanya dapat dilakukan pada game kedua, keempat, dan keenam. Dengan ketentuan:

  • Pemain yang ingin digantikan harus sudah standby sebelum game yang ditentukan berakhir.
  • Manajer/Tim harus menghubungi LO masing-masing terlebih dahulu untuk memberikan informasi pergantian pemain ini.

4.2 Struktur Tournament

  • Division Qualifiers

Tim yang bertanding pada fase ini terdiri dari 12 tim yaitu peringkat 7-9 pada fase Play-off Divisi 1 dan Runner-up 1-3 Divisi 2 (9 tim). Fase ini menggunakan sistem poin yang sama dengan fase play-off sebelumnya. peringkat 1-3 agar dapat bertahan di FFML Divisi 1.

  • Promosi dan Degradasi

                4 Tim* akan Promosi Ke Divisi 1 dan 9 Tim akan Degradasi ke Divisi 2 (TBC)

4.3 Scoring & Placement

Penentuan peringkat di POT BESAR ditentukan dengan akumulasi poin yang dikumpulkan oleh tim selama regular season berlangsung. Tim akan bertanding dengan 6 round dengan map yang sudah ditentukan, dengan perhitungan poin sebagai berikut:

Point per kill

1

Placement Points

Point

1st

12

2nd

9

3rd

8

4th

7

5th

6

6th

5

7th

4

8th

3

9th

2

10th

1

11th

0

12th

0

5.1 Jadwal Pertandingan

Jadwal FFML Season V – Divisi 2 – League Division Qualifiers adalah hari Sabtu, 11 Desember 2021

Jadwal FFML Season V Divisi 1 – League Division Qualifiers adalah hari Minggu, 12 Desember 2021

5.2 Mekanisme Pertandingan

Mekanisme pertandingan berjalan secara online-offline, dimana mekanisme pertandingan ini mewajibkan pemain dan tim untuk:

  • Berada di satu tempat yang sama
  • Official Garena akan mengirimkan observer (PIC Offline)* ke tempat tim yang bertanding sebagai wasit untuk memantau jalannya match selama musim berlangsung
  • Tim wajib memiliki webcam di tempat bermain
  • Webcam harus dalam keadaan menyala agar memudahkan tim Garena untuk memantau match yang berlangsung
  • Pemain dilarang meninggalkan tempat bermain jika match belum dinyatakan selesai
  • Tim dan pemain harus berada pada server dan lobby permainan selambat-lambatnya 10 menit sebelum pertandingan dimulai.

5.3 Etiket Pertandingan

Pertandingan harus dimulai tepat waktu. Official Garena berhak untuk meninggalkan tim yang bertanggung jawab atau sengaja menunda pertandingan lebih dari 5 menit batas toleransi. Obrolan dalam game [All] diutamakan untuk komunikasi antara tim dan official dan hanya boleh digunakan untuk diskusi yang berhubungan dengan game yang disiapkan. Segala bentuk pelecehan (toxic) melalui game harus dikurangi dan sangat dibatasi.

5.4 Ketepatan Waktu dan Keterlambatan

Jika tim tidak memiliki 4 pemain di dalam lobby melebihi 5 menit dari waktu yang dijadwalkan, maka tim tersebut akan dianggap tidak mengikuti pertandingan di ronde tersebut dan akan menerima kekalahan default. Tidak ada permintaan perubahan waktu. Jika terdapat tim/pemain yang tidak bisa memenuhi, akan dikenakan penalti.

Konsekuensi Keterlambatan

  • Tim yang terlambat/tidak hadir pada waktu pertandingan yang telah ditentukan, maka akan dianggap gugur/WO
  • Tim yang melanggar peraturan dan ketentuan yang telah ditetapkan akan dianggap gugur/WO
  • Tim yang diketahui melakukan kecurangan dalam bentuk apapun akan dianggap gugur/WO

Menunda Pertandingan

Official Garena tidak berkewajiban untuk menunda pertandingan untuk mengakomodasi pemain/tim yang terlambat. Penundaan pertandingan harus sudah di konfirmasi oleh Official Garena. Penundaan dapat terjadi jika ada kejadian luar biasa seperti cuaca ekstrim, masalah server / bug dalam game, dll.

Protes Pertandingan

Protes pertandingan dapat diajukan maksimal 72 jam setelah pertandingan berakhir. Isi protes harus terperinci tentang mengapa protes diajukan, bagaimana hal tersebut bisa terjadi, dan kapan hal itu terjadi. Bentuk protes dapat ditolak jika terdapat isi dokumentasi yang kurang disajikan. Kata sederhana seperti ‘mereka curang’ tidak akan cukup sebagai bentuk bukti protes.

Pengulangan Pertandingan

Segala bentuk gangguan seperti lagging, crash device, dan lain-lain adalah tanggung jawab masing-masing pemain. Apabila ditemukan gangguan yang disebutkan, pengulangan pertandingan hanya akan dilakukan apabila gangguan tersebut terjadi kepada seluruh tim sebelum tim mendarat. Apabila seluruh tim telah mendarat, maka pertandingan akan tetap dilanjutkan. Batas maksimal dalam melakukan rematch adalah 2x. Apabila sudah melebihi 2x dan pertandingan tersebut masih mengalami kendala, maka pertandingan tersebut akan tetap dilanjutkan.

5.5 Perangkat Tambahan

Selama turnamen berlangsung dilarang bermain dengan segala perangkat tambahan (emulator), termasuk penggunaan tombol/fitur tambahan baik berupa gamepad ataupun controller L1 dan L2.

5.6 Server Pertandingan

  • Versi Game

Versi game akan dimainkan adalah versi yang terbaru di playstore/app store

  • Aturan Peralatan

Peserta bermain di lokasi yang ditentukan dan harus menggunakan perangkat seperti yang diinstruksikan oleh Official Garena. Semua peralatan, skin, custom, weapon skins, equipment skins, dan loadout lainnya akan tersedia untuk digunakan. Efek penyesuaian stat yang disediakan oleh skin akan dimatikan.

5.7 Aplikasi Seluler Lainnya

Selama permainan, peserta tidak diizinkan untuk memiliki aplikasi lain yang berjalan di latar belakang. Selama peserta atau anggota timnya masih hidup dalam permainan, mereka tidak diizinkan untuk keluar dari aplikasi Free Fire.

Jika peserta menggunakan perangkat yang dipinjamkan kepada mereka oleh pejabat atau penyelenggara Turnamen, mereka tidak diizinkan untuk mengunduh atau menginstal aplikasi apapun ke perangkat. Pelanggaran ini akan menimbulkan satu titik pelanggaran.

  • Pemberitahuan (notifikasi) Aplikasi

Peserta tidak diperbolehkan menerima notifikasi di perangkat seluler mereka selama pertandingan. Pelanggaran ini akan menimbulkan satu titik pelanggaran.

Jika peserta menerima informasi tentang pertandingan yang sedang berlangsung yang timnya bertanding, tim akan segera didiskualifikasi.

  • Komunikasi Dalam Game

Peserta harus menggunakan fungsi obrolan suara dalam game untuk berkomunikasi dengan rekan satu tim mereka dalam game. Penggunaan aplikasi pihak ketiga mana pun tidak diizinkan. Pelanggaran ini akan menimbulkan satu titik pelanggaran.

Jika voice-chat dalam game tidak tersedia, pejabat Garena akan menunjuk aplikasi pihak ketiga untuk digunakan semua peserta. Pilihan aplikasi atau layanan voice-chat yang digunakan harus tunduk pada kebijakan Garena.

5.8 Jaringan

jaringan WiFi untuk digunakan oleh peserta. Penyelenggara turnamen akan mengumumkan ketersediaan WiFi selama pendaftaran. Jika tidak ada turnamen yang disediakan jaringan, peserta diharuskan untuk memiliki koneksi internet mereka sendiri.

Penyelenggara turnamen juga dapat membuat wajib bagi semua peserta untuk terhubung ke WiFi yang disediakan penyelenggara turnamen untuk pertandingan turnamen tersebut. Pelanggar yang tidak patuh akan dikenakan sanksi pelanggaran.

  • Pemutusan Jaringan

Peserta tidak diperbolehkan untuk dengan sengaja menyebabkan pemutusan jaringan selama permainan. Pelanggar akan menimbulkan satu sanksi pelanggaran.

Jika peserta terputus karena masalah jaringan, mereka diizinkan untuk terhubung kembali ke permainan saat pertandingan masih berlangsung. Peserta tidak diperbolehkan meminta jeda atau remake karena terputusnya sambungan.

Namun, pejabat Garena dapat mempertimbangkan remake, atas kebijakan mereka sendiri, dengan salah satu kondisi berikut:

  • Kegagalan server game – semua pemain tidak dapat terhubung kembali
  • Jika 10 pemain atau lebih terputus pada saat yang sama karena masalah jaringan
  • Delay/Ping Tinggi
    Jika peserta bersaing menggunakan koneksi jaringannya sendiri, peserta bertanggung jawab penuh atas kualitas koneksi internetnya. Peserta tidak diperbolehkan meminta jeda atau remake karena keterlambatan (delay) tinggi atau kondisi jaringan yang buruk.

Ketika menggunakan koneksi jaringan yang disediakan oleh Garena, pejabat Garena dapat mempertimbangkan remake, atas kebijakan mereka sendiri, dengan salah satu kondisi berikut:

  • Masalah server game – semua pemain mengalami ping tinggi atau tertinggal dalam game
  • Jika 20 pemain atau lebih mengalami latensi ping lebih dari 300ms

6.1 Umum

Ketika pemain/tim telah melanggar satu atau beberapa aturan yang telah ditetapkan oleh Official Garena, akan dirujuk ke bagian ini untuk penetapan sanksi yang sesuai dengan pelanggaran yang dilakukan.

6.2 Pelanggaran Etiket

Demi menciptakan turnamen yang menyenangkan dan teratur, sangat penting untuk semua pemain memiliki sikap yang sportif dan adil. Pelanggaran yang paling penting dan paling umum, tercantum di dalam bagian ini. Official Garena juga berhak memberikan jenis sanksi yang kemungkinan tidak terdaftar secara eksplisit. (Contoh: Pelecehan)

Pencemaran Nama Baik

Pencemaran nama baik terkait dengan FFML dan Garena akan ditindak lanjuti. Sanksi ini berlaku selama pertandingan FFML dan pertandingan yang diadakan oleh Garena. Penghinaan terhadap Free Fire, Turnamen Garena, Media Sosial, Email, dan/atau sarana komunikasi lainnya akan dikenakan sanksi jika terbukti melakukan penghinaan / pencemaran nama baik. Pada kasus pelecehan berat dengan pernyataan yang radikal, ancaman, dan kekerasan fisik dapat menghasilkan sanksi yang lebih berat.

Spamming Discord/WA

Fungsi media komunikasi yang diberikan oleh Official Garena adalah media untuk berkomunikasi yang efisien dengan lawan ataupun Official selama turnamen berlangsung. Tim/Pemain yang melakukan spam di dalam media tersebut akan dikenakan sanksi.

Perilaku Tidak Sportif

Pelanggaran dalam poin ini dapat terjadi jika terdapat upaya dari pemain/tim untuk menyesatkan admin atau pemain lain menggunakan informasi palsu, atau dengan menipu pemain/tim lain. Jika terdapat pelanggaran ini, pemain/tim tersebut akan mendapatkan sanksi luar biasa.

6.3 Pelanggaran Pertandingan

Meninggalkan Pertandingan

Sangat penting bahwa semua pemain harus bersikap sportif dan adil. Jika pemain/tim terdapat meninggalkan pertandingan, maka akan dirujuk untuk hukuman yang sesuai, dimana semua hukuman umum dicantumkan di bawah ini:

  • Sanksi ringan        :   Pengurangan 24 Penalti Poin Pertandingan
  • Sanksi sedang       :   Pengurangan 48 Penalti Poin Pertandingan
  • Sanksi berat          :   Pengurangan 72 Penalti Poin Pertandingan
  • Sanksi luar biasa  : Didiskualifikasi dari keikutsertaan turnamen FFML Season IV, serta blacklist dari keikutsertaan turnamen Garena Free Fire.

6.4 Pelanggaran dan Konsekuensi Meninggalkan Tournament

Jika terdapat tim yang meninggalkan turnamen di dalam musim yang sedang berlangsung, tim tersebut akan kehilangan seluruh akumulasi hadiah yang akan diterima untuk seluruh musim.

Jika terdapat tim yang meninggalkan turnamen di dalam musim yang sedang berlangsung, seluruh pemain yang ada di tim tersebut akan mendapatkan larangan bermain di seluruh turnamen yang diselenggarakan Garena, seumur hidup*.

*Pelanggaran tersebut akan dibahas lebih lanjut & keputusan mengenai pelanggaran tersebut adalah mutlak dari Official Garena.

6.5 Lain-Lain

Sanksi atau pelanggaran yang lain diatur dalam bagian ini mencangkup antara lain:

  • Pemalsuan Media Pertandingan

Memalsukan hasil/media pertandingan dapat menghasilkan sanksi sedang.

  • Ringer/Faker

Setiap pemain yang terlibat dalam pemalsuan atau ringing akan memperoleh sanksi ringan.

  • Bermain dengan Pemain yang Dilarang

Tim yang berusaha memainkan pemain yang sedang menjalani masa larangan atau pemain yang melanggar rulebook akan mendapatkan sanksi luar biasa.

  • Perjudian / Taruhan

Tidak ada pemain, manajer tim, atau staf manajemen yang terlibat taruhan atau perjudian. Baik dalam bergaul dengan atasan atau penjudi, memberikan informasi apapun kepada siapapun yang dapat membantu proses perjudian baik secara langsung maupun tidak langsung. Perjudian merupakan tindakan yang dapat mencoreng organisasi dan sportifitas, siapapun yang melanggar ketentuan ini akan mendapatkan sanksi luar biasa.

  • Kecurangan

Segala bentuk kecurangan seperti: pemanfaatan/penggunaan bug, penggunaan program ilegal (cheating/hack), teaming/kerjasama, penggunaan emulator, penggunaan tombol fitur/control tambahan (gamepad) merupakan bentuk kecurangan yang dilarang keras terjadi pada turnamen FFML. Jika terdapat bentuk kecurangan yang disebutkan akan memberikan sanksi berat hingga sangat berat kepada pelanggarnya.

Seluruh keputusan yang dikeluarkan oleh Official Garena bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat. Panitia BERHAK MENGUBAH DAN MEREVISI peraturan kapanpun tanpa ada pemberitahuan sebelumnya, demi kenyamanan dan kelancaran turnamen.

Dengan membaca “RULEBOOK FREE FIRE MASTER LEAGUE SEASON IV DIVISION QUALIFIERS” dan menandatangani dokumen “PERJANJIAN PARTISIPASI ACARA FREE FIRE MASTER LEAGUE”. Anda dianggap telah sepenuhnya mengerti dan setuju dengan seluruh rangkaian acara serta sanksi yang telah ditentukan.

Semua konten yang terkandung dalam dokumen ini adalah milik Garena. Distribusi, duplikasi, pengubahan, atau penggunaan tidak sah lainnya atas materi dalam dokumen ini, juga termasuk pada semua merek dagang gambar, bentuk, teks, persamaan atau foto, dapat dianggap sebagai pelanggaran hak cipta dan undang-undang merek dagang dan dapat dituntut secara pidana dan/atau hukum perdata.

Tidak ada bagian dari isi dokumen ini yang dapat diproduksi dalam bentuk apapun atau dengan cara apapun atau disimpan dalam database atau sistem pengambilan, kecuali untuk penggunaan pribadi, tanpa izin tertulis dari Garena.

Semua konten dalam dokumen ini akurat menurut pengetahuan kami. Garena tidak bertanggung jawab atas kesalahan atau kelalaian.

FREE FIRE MASTER LEAGUE SEASON IV DIVISION QUALIFIERS VER 01.00